Rabu, 16 November 2016

Proposal Usaha "Hijab"

A.    Latar Belakang
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula fashion yang ada di Indonesia termasuk juga hijab, hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi aurat. Sering sekali kita melihat para wanita yang kini memilih untuk berhijab. Dan tidak sedikit pula hijab kini dijadikan salah satu tren busana yang banyak diminati. Hijab kini bukan hanya sebagai identitas para wanita muslim, tetapi kini hijab telah menjadi karakter bagi banyak wanita. Dulu hijab hanya memiliki disain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cendrung berwarna gelap, untuk itu kami menciptakan tren hijab yang sesuai dengan berbagai kalangan, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Kami menawarkan berbagai bentuk dan motif hijab yang dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari para wanita muslim, dengan harga yang terjangkau dengan budget anak remaja.


Visi
Menciptakan produk hijab yang berkualitas inovatif dan menguasai pengsa pasar nasional.

Misi
§   menciptakan ide-ide dan desain yang tebaru
§  menciptakan inovasi dan kreasi

§  mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk 


B.     Tujuan Usaha
Adapun tujuan dari melakukan bisnis usaha hijab ini antara lain :
a. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan (konsumen)
b. Dapat meraih keuntungan yang besar dalam usaha ini


C.     Peluang Usaha
Karena telah banyak wanita muslim yang memilih untuk memakai hijab, dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang terkadang monoton. Tetapi dengan adanya produk yang kami jual dengan banyak motif dan bentuk hijab yang berbagai macam,  para wanita muslimah tidak akan merasa bosan dan monoton dalam berhijab, serta dilengkapi tekonologi sehingga produk itu mudah didapat.

D.    Nama Usaha
Usaha produk hijab yang kami dirikan diberi nama “ENSHOP id”


E.     Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
· Lokasi berada di dekat pusat keramaian, seperti pasar.
· Lokasi dekat dengan hunian masyarakat.
· Di lokasi kampus
Selain itu kami juga berencana membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami jual, agar mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual tanpa harus berkunjung ke tempat usaha kami.


F.     Target Pelanggan
Sasaran atau target kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berhijab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
Selain itu kami merencanakankan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti mall. Kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan. Selain itu sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami melakukan promosi di berbagai media, seperti media internet. Selain itu kami juga berencana membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami jual, agar mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual tanpa harus berkunjung ke tempat usaha kami.


G.    Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
·         Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah harga yang disesuaikan dengan bahan produksi, model juga motif yang unik dan tidak pasaran, serta dengan kualitas yang baik. 
·         Strategi Promosi
   1. Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan dan mengikuti pameran-pameran.
   2. Setiap pelanggan yang membeli produk ENSHOP id lebih dari 3 buah akan mendapatkan bonus pasminah 1. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak konsumen.
·         Strategi Bisnis
 1. Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
 2. Melakukan modifikasi dalam membuat motif dan model hijab.

·         ANALISIS SWOT
1.      Strength (Kekuatan)
         Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan jilbab ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya tidak begitu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan pilihan hijab.

2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pengrajin jilbab. Dalam menjahit dan menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa melakukannya.

3.      Opportunities ( Peluang )
a.       Banyaknya konsumen
Banyaknya wanita muslim yang berkerudung. Dan dengan produk ini akan menambah minat wanita untuk berkerudung.
b.      Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang mayoritas muslim dan berkerudung.

4.      Threats ( Ancaman )
a.       Keacuhan konsumen
Terkadang wanita berjilbab kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat mereka tampil apa adanya.



H.    Analisa 4P
·         Product (produk)
Produk yang dijual adalah hijab yang merupakan kebutuhan bagi para wanita muslim
·         Price (harga)
Harga yang ditawakan tergantung pada model dan motif masing-masing produk, dan relatif murah.
·         Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan dari mulut ke mulut kepada masyarakat.
·         Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di tempat keramaian seperti pasar dan membuka online shop untuk menjual dan mempromosikan produk ENSHOP id.




Biaya Variabel (Variable cost) :
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Jilbab paris
10 pcs
Rp. 15.000
Rp. 150.000
2
Pashmina
10 pcs
Rp. 17.000
Rp. 170.000
3
Kerudung segiempat
12 pcs
Rp. 16.000
Rp. 192.000
4
Kerudung ima
12 pcs
Rp. 25.000
Rp. 300.000
5
Plastik Kemasan
  2 pak
Rp.   5.000
Rp.   10.000
6
BTK

Rp. 50.000
Rp.   50.000
7
Ongkos

Rp.   6.000
Rp.      6000
8
Listrik dan Internet
Rp. 50.000
Rp.    50.000
TOTAL
Rp.  928.000

Harga jual per unit :
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Jilbab paris
10 pcs
Rp. 20.000
Rp. 200.000
2
Pashmina
10 pcs
Rp. 25.000
Rp. 250.000
3
Kerudung segiempat
12 pcs
Rp. 22.000
Rp. 264.000
4
Kerudung ima
12 pcs
Rp. 45.000
Rp. 540.000
TOTAL
Rp. 1.254.000


Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 44 pcs Hijab dengan harga yang berbeda beda disetiap unit dalam adalah Rp 1.254.000 – Rp 928.000 = Rp 266.000


I.       Resiko Usaha
·         Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut.
a.       Produk kurang menarik minat muslimah.
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.
b.      Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
c.       Modal usaha
ENSHOP id ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu penjualan yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.
·         Antisipasi kami terhadap resiko-tersebut:
a.       Produk kurang menarik minat muslimah
Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.
b.      Jilbab yang kadaluarsa
Kami melakukan antisipasi dengan membuat peta penjualan. Dimana pembelian barang tidak terlalu banyak sehingga tidak ada penumpukan barang yang membuat konsumen selalu melihat barang sama.
c.       Modal usaha
Modal usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu bisnis. Untuk memenuhi kami memakai sistem sedikit pembelian terlebih dahulu dan memakai keuntungan untung berkembang.


PENUTUP
Kesimpulan
Harapan kami untuk usaha “ENSHOP id” ialah supaya produk yang kami jual ini bisa lebih berkembang dan banyak konsumen yang berminat.
Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu:
Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
Pandai berkomunikasi.
Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
Tidak mudah putus asa.
Mengutamakan kepuasan pelanggan.
Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.


Note: (Proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan)

7 komentar:

  1. kak mau nanya BTK itu apa yang di tabel biaya variabel?

    BalasHapus
  2. kak mau nanya BTK itu apa yang di tabel biaya variabel?

    BalasHapus
  3. kak izin copas untuk tugas prakrya,makasih

    BalasHapus
  4. info yang sangat menarik Kak. tampilan blog-nya juga menarik, lucu. pembaca jadi nggak bosan. terimakasih telah menulis dan berbagi artikel yang bermanfaat...
    Aplikasi Kasir Android Gratis

    BalasHapus
  5. polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.

    BalasHapus
  6. Jtm Gaming Group and JT Interactive to be - JTHub
    Jtm 태백 출장마사지 Gaming Group 경상남도 출장샵 and 순천 출장안마 JT Interactive 김포 출장안마 Group will join forces to deliver 대구광역 출장마사지 high-quality slot machine games in the virtual world.

    BalasHapus