A. Latar Belakang
Seiring
berkembangnya zaman, berkembang pula fashion yang ada di Indonesia termasuk
juga hijab, hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi
aurat. Sering
sekali kita melihat para wanita yang kini memilih untuk berhijab. Dan tidak
sedikit pula hijab kini dijadikan salah satu tren busana yang banyak diminati.
Hijab kini bukan hanya sebagai identitas para wanita muslim, tetapi kini hijab
telah menjadi karakter bagi banyak wanita. Dulu hijab hanya memiliki disain yang
monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cendrung berwarna gelap, untuk itu kami
menciptakan tren hijab yang sesuai dengan berbagai kalangan, mulai dari
kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Kami menawarkan berbagai bentuk dan
motif hijab yang dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari para wanita
muslim, dengan harga yang terjangkau dengan budget anak remaja.
Visi
Menciptakan produk hijab yang berkualitas
inovatif dan menguasai pengsa pasar nasional.
Misi
§ menciptakan ide-ide dan desain yang tebaru
§ menciptakan inovasi dan kreasi
§ mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk
B. Tujuan Usaha
Adapun tujuan dari melakukan bisnis
usaha hijab ini antara lain :
a. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
(konsumen)
b. Dapat meraih keuntungan yang besar dalam usaha ini
b. Dapat meraih keuntungan yang besar dalam usaha ini
C. Peluang
Usaha
Karena telah banyak wanita
muslim yang memilih untuk memakai hijab, dan diantara mereka terkadang merasa
bosan dengan tatanan jilbab yang terkadang monoton. Tetapi dengan adanya produk
yang kami jual dengan banyak motif dan bentuk hijab yang berbagai macam, para wanita muslimah tidak akan merasa bosan
dan monoton dalam berhijab, serta dilengkapi tekonologi sehingga produk itu
mudah didapat.
D.
Nama
Usaha
Usaha produk hijab yang kami dirikan diberi nama “ENSHOP id”
Usaha produk hijab yang kami dirikan diberi nama “ENSHOP id”
E.
Rencana
Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan
didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
· Lokasi berada
di dekat pusat keramaian, seperti pasar.
· Lokasi dekat
dengan hunian masyarakat.
· Di lokasi kampus
Selain
itu kami juga berencana membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami
jual, agar mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual
tanpa harus berkunjung ke tempat usaha kami.
F.
Target
Pelanggan
Sasaran atau target kami adalah seluruh
wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berhijab maupun yang belum.
Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas penduduknya beragama
Islam. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam
suatu kelompok.
Selain
itu kami merencanakankan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti
mall. Kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan.
Selain itu sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung ke
pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami melakukan promosi di berbagai
media, seperti media internet. Selain itu kami juga berencana
membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami jual, agar
mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual tanpa harus
berkunjung ke tempat usaha kami.
G.
Analisa
Pemasaran Produk
Strategi
pemasaran yang kami gunakan adalah:
·
Strategi Harga
Strategi harga
dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah harga yang
disesuaikan dengan bahan produksi, model juga motif yang unik dan tidak
pasaran, serta dengan kualitas yang baik.
·
Strategi Promosi
1. Promosi penjualan yang
bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke
mulut, penekanan pada pendekatan perorangan dan mengikuti pameran-pameran.
2. Setiap pelanggan yang membeli
produk ENSHOP id lebih dari 3 buah akan mendapatkan bonus pasminah 1. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak
konsumen.
·
Strategi Bisnis
1. Mempelajari
pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
2. Melakukan modifikasi dalam membuat
motif dan model hijab.
·
ANALISIS SWOT
1. Strength
(Kekuatan)
Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan
jilbab ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya tidak begitu
mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan pilihan hijab.
2. Weakness
(Kelemahan)
a. Belum
memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk
memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus
diatasi.
b. Kurangnya
Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber
daya manusia sebagi produsen atau pengrajin jilbab. Dalam menjahit dan menyulam
diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa melakukannya.
3. Opportunities
( Peluang )
a. Banyaknya
konsumen
Banyaknya wanita muslim
yang berkerudung. Dan dengan produk ini akan menambah minat wanita untuk
berkerudung.
b. Sistem
pemasaran
Pemasaran bisa dibilang
cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang mayoritas muslim
dan berkerudung.
4. Threats
( Ancaman )
a. Keacuhan
konsumen
Terkadang wanita
berjilbab kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat mereka
tampil apa adanya.
H.
Analisa
4P
·
Product (produk)
Produk yang dijual
adalah hijab yang merupakan kebutuhan bagi para wanita muslim
·
Price (harga)
Harga yang
ditawakan tergantung pada model dan motif masing-masing produk, dan relatif murah.
·
Promotion (promosi)
Dalam
melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan dari mulut ke mulut kepada masyarakat.
·
Place (tempat)
Tempat
yang dipilih yaitu di tempat keramaian seperti pasar dan membuka online
shop untuk menjual dan mempromosikan produk ENSHOP id.
Biaya Variabel (Variable cost) :
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jilbab paris
|
10 pcs
|
Rp. 15.000
|
Rp. 150.000
|
2
|
Pashmina
|
10 pcs
|
Rp. 17.000
|
Rp. 170.000
|
3
|
Kerudung segiempat
|
12 pcs
|
Rp. 16.000
|
Rp. 192.000
|
4
|
Kerudung ima
|
12 pcs
|
Rp. 25.000
|
Rp. 300.000
|
5
|
Plastik Kemasan
|
2 pak
|
Rp. 5.000
|
Rp. 10.000
|
6
|
BTK
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
|
7
|
Ongkos
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6000
|
|
8
|
Listrik dan Internet
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 928.000
|
Harga jual per unit :
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jilbab paris
|
10 pcs
|
Rp. 20.000
|
Rp. 200.000
|
2
|
Pashmina
|
10 pcs
|
Rp. 25.000
|
Rp. 250.000
|
3
|
Kerudung segiempat
|
12 pcs
|
Rp. 22.000
|
Rp. 264.000
|
4
|
Kerudung ima
|
12 pcs
|
Rp. 45.000
|
Rp. 540.000
|
TOTAL
|
Rp. 1.254.000
|
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 44
pcs Hijab dengan harga yang berbeda beda disetiap unit dalam
adalah Rp 1.254.000 – Rp 928.000 = Rp 266.000
I.
Resiko
Usaha
·
Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap
perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan
berbagai resiko sebagai berikut.
a. Produk
kurang menarik minat muslimah.
Manusia
memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian
dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang
memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa
percaya diri.
b. Jilbab
yang kadaluarsa
Adakalanya
barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang.
Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
c. Modal
usaha
ENSHOP
id ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa
dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu
kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu penjualan yang maksimal sangat
dapat mendukung keberlangsungan usaha.
·
Antisipasi kami terhadap
resiko-tersebut:
a. Produk
kurang menarik minat muslimah
Setiap
orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami
mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi
secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk
mendapatkan keuntungan. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita
memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk
memperhatikan dan mencoba produk kami.
b. Jilbab
yang kadaluarsa
Kami
melakukan antisipasi dengan membuat peta penjualan. Dimana pembelian barang
tidak terlalu banyak sehingga tidak ada penumpukan barang yang membuat konsumen
selalu melihat barang sama.
c. Modal
usaha
Modal
usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu bisnis. Untuk memenuhi kami
memakai sistem sedikit pembelian terlebih dahulu dan memakai keuntungan untung
berkembang.
PENUTUP
Kesimpulan
Harapan kami untuk usaha “ENSHOP id” ialah supaya
produk yang kami jual ini bisa lebih berkembang dan banyak konsumen yang
berminat.
Saran
Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa
saran, yaitu:
Percaya
dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
Pandai
berkomunikasi.
Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
Tidak
mudah putus asa.
Mengutamakan
kepuasan pelanggan.
Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.
Note: (Proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan)
Note: (Proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan)
kak mau nanya BTK itu apa yang di tabel biaya variabel?
BalasHapuskak mau nanya BTK itu apa yang di tabel biaya variabel?
BalasHapuskak izin copas untuk tugas prakrya,makasih
BalasHapusinfo yang sangat menarik Kak. tampilan blog-nya juga menarik, lucu. pembaca jadi nggak bosan. terimakasih telah menulis dan berbagi artikel yang bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Gratis
polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.
BalasHapusJtm Gaming Group and JT Interactive to be - JTHub
BalasHapusJtm 태백 출장마사지 Gaming Group 경상남도 출장샵 and 순천 출장안마 JT Interactive 김포 출장안마 Group will join forces to deliver 대구광역 출장마사지 high-quality slot machine games in the virtual world.
pop over to this web-site outdoor,INSOLES,Joya Shoe Care,walking,fashion sneaker,boots
BalasHapus