Proposal kewirausahaan
A. Latar
belakang
Usaha
adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa
keuntungan, upah, atau laba usaha. Dan keuntungan dari usaha tersebut dapat
menghasilkan uang yang dapat meningkatkan taraf hidup seseorang.
Banyak cara yang
dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalankan kegiatan usaha seperti
membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan ini lebih banyak kelebihannya
dibandingkan dengan sistem atau kegiatan usaha lainnya. Selain karana produk
yang dijual lebih berfariatif, cara ini juga lebih mudah dalam menargetkan laba
dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan latar
belakang di atas maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan
menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk
yang akan kami tawarkan adalah jajanan pasar yaitu berupa “martabak tahu telor”.
B. Visi
dan Misi
Visi
Konsumen puas akan rasa
dari produk yang kami tawarkan.
Misi
Memperkenalkan kepada
masyarakat khususnya pemuda jajanan rakyat yang murah tetapi enak.
C. Analisis
Bisnis
1. Kekuatan
Harga
produk ekonomis
Kebersihan
produk terjamin
Produk tidak
menggunakan bahan pengawet dan zat-zat berbahaya lainnya juga rasa yang masih
asli atau otentik.
2. Kelemahan
Produk
yang kami tawarkan merupakan jajanan rakyat yang banyak tersedia di berbagai
tempat
Produk yang kami
tawarkan tidak bertahan lama karena tanpa menggunakan bahan pengawet
3. Peluang
Banyak
penjual lain yang menjual produk yang sama tetapi menggunakan bahan pengawet,
sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet
Produk kami masih
mempertahannkan rasa asli dari produk pada saat pertama kali masyarakat baru
mengetahui produk tersebut
4. Hambatan
Produk
yang kami tawarkan adalah produk yang hampir tersingkir karena banyaknya
jajanan dari luar negeri
Produk yang kami
tawarkan jika sudah tidak hangat lagi maka tampilannya menjadi kurang menarik
D. Analisis
Pasar
Analisis
pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari
berbagai masalah pasar berupa, lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar, dan
karakteristik pasar.
1. Produk
yang akan dijual
Produk
yang akan dijual dalam usaha ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing
dengan lidah orang indonesia dan juga bisa ditemukan dimana saja yaitu martabak
tahu telor.
2. Penawaran
dan Permintaan
Pada
umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, termasuk dalam hal
kuliner. Dalam hal ini produk yang kami tawarkan berupa makanan ringan dan
jajanan rakyat yang tidak terlalu mengenyangkan.
3. Harga
Jual Produk
Harga
jual produk yang kami tawarkan kepada konsumen untuk tiap produknya sebesar Rp.
2.000 saja
E. Analisis
Produksi
Dalam
kegiatan usaha kami ini, terdapat jenis analisis produksi yaitu analisis
produksi martabak tahu telor dengan perincian sebagai berikut:
a.
Analisis Produk Martabak Tahu
Bahan-bahan yang
dibutuhkan dalam pembuatan martabak tahu adalah sebagai berikut:
Tahu besar 3 buah
Rp 10.000
Kulit lumpia 50 lembar
Rp 15.000
Telur ayam 2
butir Rp 4. 500
Bawang
daun 5 batang Rp 2.000 +
Rp 31.500
Dalam pembuatan produk
ini terdapat bahan-bahan lain yang digunakan, yaitu:
Minyak goreng 1
liter Rp 13.000
Gas
3kg
Rp 15.000
Garam
1 bungkus Rp 3.000
+
Total
Rp 31.000
F. Analisis
Resiko Bisnis
Dalam
kegiatan usaha ini, resiko bisnis yang kami hadapi adalah ketidak tahanan
produk kami karena tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh sebab itu maka jika
produk kami tidak semuanya habis akan menyebabkan kerugian dalam kegiatan
usaha.
G. Proyeksi
Keuangan
Rencana anggaran Biaya
Untuk anggaran Martabak
tahu
–
Tahu besar 3 buah
Rp 10.000
–
Kulit lumpia 50 lembar Rp 15.000
–
Telur ayam 3 butir
Rp 4.500
–
Bawang daun 5 batang Rp 2.000
–
Garam
Rp
1.500
– BTK Rp
25.000
–
Gas dan minyak goreng Rp
14.000 +
Rp 72.000
Keuntungan
–
Martabak tahu (per 50 buah x Rp 2.000)
Untuk per produk
= harga penerimaan – harga pengeluaran
= Rp 100.000 – Rp 72.000
=
Rp 28.000
H. Strategi
Bisnis
Di
dalam pemasaran kita harus pandai dalam mengatur harga, tempat penjualan,
melakukan promosi produk, dan salah satu cara berpromosi adalah dengan
menawarkan harga miring untuk setiap makanan. Inovasi yang bagus terhadap
produk yang dijual seperti bagaimana cara membuat martabak tahu dan pastel ini
terlihat lebih berbeda dari olahan martabak tahu dan pastel pada umumnya.
a. Mengatur
Tempat Penjualan
Tempat
berlangsungnya usaha kami berada di lingkungan kampus Gunadarma dan luar kampus
(pada hari libur/adanya kesempatan)
b. Strategi
Produk
Disini
kami menawarkan jajanan rakyat dengan berbagai produk dengan rasa yang masih
otentik dan higienis.
c. Promosi
Produk
Kami
mempromosikan produk kami dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen yaitu
dengan datang langsung ke para konsumen.
I. Rencana
Aktifitas
Dalam
menjalankan usaha ini, kami berencana untuk menawarkan produk-produk kami
kepada mahasiswa Universitas Gunadarma di sela-sela jadwal pekuliahan dan luar
kampus (pada hari libur). Dan hal ini dilakukan mengingat target konsumen kami
adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma.
Note: (Proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan)
Note: (Proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan)
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar