Senin, 28 November 2016

Proposal kewirausahaan

Proposal kewirausahaan
A.    Latar belakang
Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba usaha. Dan keuntungan dari usaha tersebut dapat menghasilkan uang yang dapat meningkatkan taraf hidup seseorang.
Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalankan kegiatan usaha seperti membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan ini lebih banyak kelebihannya dibandingkan dengan sistem atau kegiatan usaha lainnya. Selain karana produk yang dijual lebih berfariatif, cara ini juga lebih mudah dalam menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan latar belakang di atas maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk yang akan kami tawarkan adalah jajanan pasar yaitu berupa “martabak tahu telor”.

B.     Visi dan Misi
Visi
Konsumen puas akan rasa dari produk yang kami tawarkan.
Misi
Memperkenalkan kepada masyarakat khususnya pemuda jajanan rakyat yang murah tetapi enak.

C.     Analisis Bisnis
1.      Kekuatan
Harga produk ekonomis
Kebersihan produk terjamin
Produk tidak menggunakan bahan pengawet dan zat-zat berbahaya lainnya juga rasa yang masih asli atau otentik.
2.      Kelemahan
Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan rakyat yang banyak tersedia di berbagai tempat
Produk yang kami tawarkan tidak bertahan lama karena tanpa menggunakan bahan pengawet
3.      Peluang
Banyak penjual lain yang menjual produk yang sama tetapi menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet
Produk kami masih mempertahannkan rasa asli dari produk pada saat pertama kali masyarakat baru mengetahui produk tersebut
4.      Hambatan
Produk yang kami tawarkan adalah produk yang hampir tersingkir karena banyaknya jajanan dari luar negeri
Produk yang kami tawarkan jika sudah tidak hangat lagi maka tampilannya menjadi kurang menarik

D.    Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar berupa, lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar, dan karakteristik pasar.
1.      Produk yang akan dijual
Produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing dengan lidah orang indonesia dan juga bisa ditemukan dimana saja yaitu martabak tahu telor.
2.      Penawaran dan Permintaan
Pada umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, termasuk dalam hal kuliner. Dalam hal ini produk yang kami tawarkan berupa makanan ringan dan jajanan rakyat yang tidak terlalu mengenyangkan.
3.      Harga Jual Produk
Harga jual produk yang kami tawarkan kepada konsumen untuk tiap produknya sebesar Rp. 2.000 saja

E.     Analisis Produksi
Dalam kegiatan usaha kami ini, terdapat jenis analisis produksi yaitu analisis produksi martabak tahu telor dengan perincian sebagai berikut:
a.       Analisis Produk Martabak Tahu
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan martabak tahu adalah sebagai berikut:
Tahu besar 3 buah           Rp 10.000
Kulit lumpia 50 lembar   Rp 15.000
Telur ayam 2 butir           Rp  4. 500
Bawang daun 5 batang    Rp   2.000    +
     Rp 31.500

Dalam pembuatan produk ini terdapat bahan-bahan lain yang digunakan, yaitu:
Minyak goreng 1 liter   Rp 13.000
Gas 3kg                         Rp 15.000
Garam 1 bungkus          Rp   3.000    +
Total      Rp 31.000
F.      Analisis Resiko Bisnis
Dalam kegiatan usaha ini, resiko bisnis yang kami hadapi adalah ketidak tahanan produk kami karena tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh sebab itu maka jika produk kami tidak semuanya habis akan menyebabkan kerugian dalam kegiatan usaha.

G.    Proyeksi Keuangan
Rencana anggaran Biaya
Untuk anggaran Martabak tahu
–          Tahu besar 3 buah             Rp 10.000
–          Kulit lumpia 50 lembar     Rp 15.000
–          Telur ayam 3 butir             Rp  4.500
–          Bawang daun 5 batang      Rp  2.000
–          Garam                                Rp  1.500
–          BTK                                   Rp 25.000
–          Gas dan minyak goreng    Rp 14.000   +
      Rp 72.000
Keuntungan
–          Martabak tahu (per 50 buah x Rp 2.000)
Untuk per produk  = harga penerimaan – harga pengeluaran
                              = Rp 100.000 – Rp 72.000
                              =  Rp 28.000

H.    Strategi Bisnis
Di dalam pemasaran kita harus pandai dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, dan salah satu cara berpromosi adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap makanan. Inovasi yang bagus terhadap produk yang dijual seperti bagaimana cara membuat martabak tahu dan pastel ini terlihat lebih berbeda dari olahan martabak tahu dan pastel pada umumnya.
a.       Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya usaha kami berada di lingkungan kampus Gunadarma dan luar kampus (pada hari libur/adanya kesempatan)
b.      Strategi Produk
Disini kami menawarkan jajanan rakyat dengan berbagai produk dengan rasa yang masih otentik dan higienis.

c.       Promosi Produk
Kami mempromosikan produk kami dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen yaitu dengan datang langsung ke para konsumen.

I.       Rencana Aktifitas
Dalam menjalankan usaha ini, kami berencana untuk menawarkan produk-produk kami kepada mahasiswa Universitas Gunadarma di sela-sela jadwal pekuliahan dan luar kampus (pada hari libur). Dan hal ini dilakukan mengingat target konsumen kami adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma.



Note: (Proposal ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan)
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar